Tuesday, April 30, 2013

Kutipan KG tentang Psikologi TAKUT LOSS

KGers : 
sepertinya lebih bersifat psikologis ya kang?? krn saya juga mengalaminya, sampai sekarang masih diliputi rasa takut ( MC effect). juga jadi tidak berani menahan op dlm jangka panjang, krn setelah op di close, akhirnya  krn analisa masih berjalan sesuai rencana
gimana yah ngilanginnya kang ??

KG :
Ya, itu sangat psikologis sifatnya. Tapi kita juga perlu cerdik dan mau melihat kenapa rasa takut itu muncul? rasa takut muncul karena ketidakpahaman kita akan sesuatu. Contoh sederhana kenapa banyak orang takut pada hantu atau preman lah. Ketakutan itu muncul karena ada imaginasi yang menakutkan, mengerikan, merugikan dll di kepala kita yang muncul akibat informasi yang kita terima baik dari mendengar, melihat, membaca ataupun karena kita pernah mengalaminya. Padahal kalo kita paham dan mengerti apa sesungguhnya hantu atau preman maka rasa takut itu akan hilang.

Nah, kasus bro dan temen-temen lain ini mudah sekali disembuhkannya. Disini kita belajar analisa, yang juga berguna untuk meningkatkan rasa percaya diri kita dalam trading. Penempatan SL dalam analisa adalah bagian dari cara untuk meredam rasa takut tersebut. Jika rasa takut ini masih besar, artinya bro juga belum yakin dengan pemahaman dalam analisa yg bro lakukan. Latihan adalah cara terbaik untuk membekali diri kita dengan pemahaman ini. Kelemahan hampir semua yang belajar di thread ini adalah "ingin secepatnya menguasai apa yang saya beberkan disini". Ini bumerang buat mereka.. padahal yang namanya memahami itu ada prosesnya.Tetapi karena ingin cepat maka proses yang harus dilewati untuk mencapai kondisi memahami tidak berjalan dengan seharusnya. Contoh paling nyata dari hal ini adalah kemalasan temen-temen untuk membaca dan mempelajari seluruh konsep dan contoh-contoh di thread ini. Padahal kalo jeli, seluruh konsep dan contoh-contoh sudah sangat lengkap di thread ini.

So, saran saya gunakan munculnya rasa takut tersebut sebagai indicator bahwa kita masih harus terus belajar. Dan jika mempelajari sesuatu jangan tanggung, fokus dan mayeng (continous). Kenapa saya lihat hanya sedikit yg bisa memahami konsep yg saya bagikan disini adalah karena kebanyakan gak pernah tuntas mempelajarinya dan seringkali berhenti ketika mentok atau menghadapi kesulitan (loss). Tetapi percayalah akhirnya jika mau jujur mereka akan balik lagi kok.. saya juga pernah mengalami fase itu. So, konsisten saja mempelajari thread ini... suatu hari temen-temen akan menjadi traders yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh siapapun.



TKP ke thread

No comments:

Post a Comment