Wednesday, August 7, 2013

Contoh Analisa Alm Forex Bender

Bro Ardhaforex, Analisanya lumayan tapi masih kurang sistematis dan beralur aja... Ingat bro, Analisa KG itu analisa berkelanjutan. Dari hari ke hari analisanya nyambung terus.. dari analisa bro saya bisa tebak bahwa bro gak mencatat analisa bro tentang GU dari hari ke hari... karena kalo baca analisa bro hari ini dan analisa bro hari jum'at, saya melihatnya analisanya terkesan independent. Bro seperti menganalisa dari awal semuanya setiap hari.... maaf kalo saya salah...


Ini contoh analisa di GBPUSD dengan style saya berdasarkan konsep yg diajarkan KG. Saya selalu memulai analisa dari acuan terbesar yg saya anggap cukup mewakili pergerakan harga saat ini. Dan biasanya saya memulai dari acuan bulanan.. jika acuan terbesar ini masih gak jelas buat saya maka baru saya lihat acuan 4 bulan dst.
               

 
Berdasarkan BB Monthly pergerakan harga terlihat bahwa pergerakan harga dua minggu yg lalu harga cenderung bergerak Trending UP, lalu minggu lalu harga bergerak memasuki kondisi Consolidation (Flat). Dan kondisi ini berakhir di area Middle BB Monthly, lalu dari sana harga kembali bergerak Trending UP. dan hari ini harga mulai memasuki kondisi Flat kembali di BB Monthly. Dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa harga minggu lalu berusaha keras untuk kembali bergerak Trending Up tetapi nampak gagal, karena jum'at kemaren harga sudah mencoba kembali untuk memasuki kondisi Flat dan memantul kembali tetapi hari ini (sampai saat ini) harga tampaknya mencoba kembali untuk memasuki kondisi Flat.

Lalu berdasarkan BB Weekly, kita bisa melihat BB Weekly bergerak trending down, consolidation, trending up berganti ganti sepanjang dua minggu lalu mengikuti irama pergerakan BB Monthly. Dan minggu lalu (jum'at) harga mulai memasuki kondisi Flat setelah sebelumnya bergerak Trending Up.

Lalu jika kita amati BB Daily, hari ini tampaknya BB daily masih berada dalam kondisi Trending Down.

Pertanyaan:

1. Apakah harga di BB Monthly akan betul-betul memasuki kondisi Flat ? Jika harga memasuki kondisi Flat maka Upper BB Monthly adalah batas atau titik perhatian kita bahwa BB Monthly gagal memasuki kondisi Flat. Lalu jika benar-benar BB Monthly memasuki kondisi Flat berarti berdasarkan Monthly BB maka Middle BB Monthly bisa kita jadikan sebagai area terdekat yg mungkin menjadi targetnya.

2. Apakah kondisi Flat di BB Weekly akan berlanjut sampai Middle BB weekly ? Melihat posisi harga saat ini kita dapat menjadikan Upper BB Monthly sebagai titik perhatian untuk menyimpulkan bahwa harga gagal melanjutkan kondisi Flat nya sampai Middle BB weekly. tetapi jika harga melanjutkan kondisi Flatnya maka Middle BB menjadi titik perhatian kita berikutnya.

3. Apakah trending down di BB Daily akan terus berlanjut? dari posisi harga kita bisa melihat bahwa Lower BB daily bisa kita jadikan titik perhatian untuk mengamati kemungkinan bahwa trending down BB Daily akan berakhir atau tidak. Dan kebetulan Upper BB monthly dan Lower BB daily posisinya berdekatan sehingga kita bisa asumsikan bahwa titik titik tersebut sebagai area penting untuk analisa kita.

Strategi:

1. Jika saya BUY saat ini dimanakah SL saya tempatkan dan dimana saja pusat perhatian saya?
2. Jika saya SELL saat ini dimanakan SL saya tempatkan dan dimana saja pusat perhatian saya?
3. Jika saya merasa posisi saat ini tidak aman, di area mana saja saya sebaiknya menunggu untuk kembali menganalisa dan menyusun strategi?

dengan melihat chart hanya berdasarkan BB saja sebetulnya kita sudah bisa menjawab semua pertanyaan tadi. Nah, indicator lain kita gunakan untuk membantu kita memilih strategi... ingat strategi selalu ada 3: Buy, Sell dan Menunggu.

semoga ini membantu

FB

16-06-2009


Seperti analisa kemaren, harga ternyata berhasil membuat BB Monthly betul betul memasuki kondisi FLAT dan kondisi harga pagi ini hampir mencapai Middle BB Monthly. Apakah kondisi FLAT di BB Monthly ini akan terus berlanjut ? Berdasarkan kondisi BB Monthly sulit kita menjawab ini maka kita akan lihat di BB acuan yg lebih kecil.

Melihat kondisi BB Weekly saat ini, terlihat BB Weekly baru saja berada dalam kondisi Trending Down (sedikit keluar dari Lower BB weekly). Apakah BB weekly akan terus berada dalam keadaan Trending Down atau malah kembali memasuki kondisi Flat ? Di sini kita bisa menjadikan Lower BB Weekly sebagai titik perhatian kita. Jika harga terus bermain di bawah lower BB Weekly maka kita bisa asumsikan kemungkinan BB Weekly akan memasuki kondisi Trending Down nya dan jika harga berbalik dan bermain di atas lower BB Weeklynya maka berarti BB Weekly memasuki kondisi Flat kembali. Lower BB ini juga dapat kita jadikan titik perhatian untuk menjawab pertanyaan pada analisa BB Monthly diatas.

Kondisi BB Daily betul-betul Trending Down, Middle BB nya terlihat pointing down tajam. Nah apakah harga akan terus melanjutkan kondisi Trending di BB Daily ? Berdasarkan kondisi chart kita bisa menjadikan Lower BB Daily sebagai titik perhatian.

Pertanyaan:

1. Jika saya BUY di sini dimanakah saya menempatkan SL dan dimana targetnya?
2. Jika saya SELL disini dimanakah saya menempatkan SL dan dimana targetnya?
3. Jika sekarang bukan saat yang aman untuk OP, lalu dimana saya sebaiknyanya menunggu untuk menganalisa ulang dan menyusun strategi kembali?

Jawaban:

1. Jika saya BUY saat ini berarti saya mengasumsikan bahwa harga akan naik kembali setelah gerakan turun pagi ini. Jika naiknya adalah retrace saja berarti Middle BB daily dan Middle BB Weekly adalah targetnya dan SL akan saya letakkan di dibawah Middle BB Monthly.

2. Jika saya SELL saat ini berarti saya mengasumsikan bahwa harga akan turun terus berarti target saya pertama adalah Middle BB Monthly (target kedua Lower BB Monthly). dan saya akan menempatkan SL di atas middle BB Weekly.

3. Jika saya harus menunggu maka saya akan melihat saja kemana harga bergerak beberapa jam ke depan. Jika naik saya akan memusatkan perhatian untuk analisa di area Middle BB Daily dan Weekly, lalu jika turun saya akan memusatkan perhatian di Area Middle BB Monthly untuk analisa.

Seperti inilah analisa yg diajarkan KG pada saya, semua berdasarkan hanya pada kondisi BB Daily, BB Weekly dan BB Monthly. Analisa berisi semua kemungkinan baik Target maupun SL nya... semuanya terukur dan berdasar. Sisanya tinggal kita menghitung probability & resikonya nya... apakah kita akan sell, buy atau menunggu. Alat bantu lain seperti KG Fibo, KG MACD, etc membantu kita untuk memilih strategi mana yang akan kita gunakan? Buy, Sell atau bengong ngeliatin chart.. semuanya kita yang putuskan.

Semoga membantu dan memperjelas teman-teman semua

FB

1 comment:

  1. Hi!
    My name is Andrew.
    I'm writing this letter on behalf of group of companies labeled NewForex.
    We would like to discuss partnership with You.
    Please contact me.

    My contacts:
    Mail: partnership@newforex.com
    Skype: partnership.newforex

    ReplyDelete